Wooow: Ini Dia Cara Ampuh Agar Bisa Mengetahui Seseorang Berbohong !

Selama bertahun-tahun kita bisa mengetahui secara langsung seseorang telah berbohong jika mereka terlalu banyak melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Namun sebuah studi baru menemukan, selain lebih banyak menatap mata lawan bicaranya, seorang pembohong juga menggerak-gerakan tangan mereka secara berlebihan saat berbicara dusta. Para peneliti dari University of Michigan mempelajari 118 klip video untuk mengetahui bahasa dan gerak tubuh yang digunakan oleh orang saat berbohong.




Mereka juga menggunakan kesaksian dari Innocence Project, sebuah organisasi non-profit yang mengawasi kasus hukum orang-orang yang dipenjara karena tuduhan palsu. Setengah dari klip video berasal dari rekaman persidangan sementara separuh lainnya didasarkan pada video YouTube yang isinya menanyakan pendapat narasumber tentang film.


Peneliti akhirnya bisa mengetahui seseorang bohong dengan melihat pada vonis percobaan dan ketika narasumber ditanya pendapat mereka tentang film yang sebenarnya tidak ada. Mereka yang tidal jujur

terlihat menggerak-gerakan tangan secara berlebihan, lebih banyak melakukan kontak mata dan menganggukkan kepala.


Seorang pembohong juga lebih sering mengatakan 'um'. Mereka juga menghilangkan kata 'saya' atau 'aku' dalam cerita mereka dan menggantinya dengan kata 'dia'. Selain itu, pembohong menggunakan gerakan tangan sekira 40 persen lebih banyak dibandingkan dengan orang yang jujur yang hanya 25 persen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wooow: Ini Dia Cara Ampuh Agar Bisa Mengetahui Seseorang Berbohong !"

Posting Komentar