Mumi 2000 Tahun ini ‘Dihidupkan’ Lagi, Lihat ini Yang Terjadi


Saat ini kecanggihan teknologi bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Salah satunya adalah untuk menghidupkan mumi yang sudah berusia 2000 tahun.
Dengan menggunakan metode Computerized Axial Tomografi (CT) scan dan teknologi cetak 3D, tim peneliti dan ilmuwan forensik yang dipimpin oleh University of Melbourne, berhasil merekonstruksi kepala mumi berusia 2.000 tahun dari Mesir.

Kepala mumi tersebut milik seorang perempuan Mesir yang usianya berkisaran antara 18 hingga 25 tahun.
Perempuan itu dikenal sebagai Meritamun, yang berarti ‘kekasih dewa Amun’. Mumi itu diawetkan selama hampir 100 tahun di bawah tanah universitas.
” Tujuan dari proyek ini adalah untuk menghidupkan kembali peninggalan bersejarah dengan menggunakan semua teknologi baru,” kata seorang antropolog biologi di Departemen Anatomi dan Neuroscience University of Melbourne Varsha Pilbrow, seperti dilansir Dreams.co.id.
Tengkorak mumi itu dikatakan masih dalam keadaan sangat baik. Selama 140 jam printer 3D sederhaa mencetak tengkorak untuk merekonstruksi wajah Meritamun.
” Ini merupakan proses yang begitu melegakan bisa mengubah tengkorak dari data CT pada layar menjadi nyata dan dapat dipegang serta diperiksa,” kata teknisi pencitraan Departemen Anatomi dan Neuroscience, Gavan Mitchell.
Sedangkan seniman pahat bernama Jennifer Mann mengatakan berhasil merekonstruksi wajah Meritamun dan berhasil menampilkan wajah seseorang dari zaman dahulu.
Mann berhasil mereproduksi penampilan wajah Meritamun seperti saat masih hidup 2000 tahun yang lalu.
Sedangkan untuk rambutnya, Mann menggunakan model rambut dari mumi wanita Mesir bernama Lady Rai.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mumi 2000 Tahun ini ‘Dihidupkan’ Lagi, Lihat ini Yang Terjadi"

Posting Komentar