Sebelum Aksi Bela Islam Jilid III, Inilah Shalat Jum’at Terbesar di Dunia

Kemegahan suasana Monumen Nasional (Monas) seolah sedang wukuf di Arafah karena dibanjiri jutaan umat muslim dari seluruh penjuru Indonesia yang melakukan jamaah shalat Jum’at. Banyak ulama – ulama terkemuka juga akan ikut berpartisipasi di dalamnya.
Aksi Bela Islam Jilid III yang disebut juga aksi 212 ini, mungkin akan mencatat sejarah baru mengenai shalat Jumat terbanyak. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata, sepanjang sejarah Islam, ada pula shalat Jumat yang dilakukan oleh jamaah yang banyak dan menjadi shalat jumat termegah?
Melansir islampos melalui kabarmakkah.com bahwa shalat Jumat terbanyak dan termegah sepanjang sejarah Islam dilakukan pada tahun 1453, tepatnya saat kepemimpinan Sulta Muhammad Al-Fath. Tercatat bahwa shalat Jumat tersebut membentang sepanjang 4 Km dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di utara.
Shalat Jumat itu pun dilakukan 1,5 Km di depan benteng Konstantinopel saat berusaha menaklukkan kekaisaran Biyzantium. Akhirnya, Konstantinopel berhasil dikuasi dan menjadi cikal bakal kekhalifahan Utsmaniyah.
Kemenangan itu juga merupakan bukti dari kabar gembira yang disampaikan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya. Disebutkan bahwa Negara adidaya seperti Romawi akan dikalahkan oleh kaum muslimin.
Abdullah berkata, ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah ﷺ, beliau ditanya, “Dua kota ini, manakah yang dibuka lebih dulu, Konstantinopel atau Rumiyah?
Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu Konstantinopel. (HR. Ahmad, Ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan Al-Hakim).



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebelum Aksi Bela Islam Jilid III, Inilah Shalat Jum’at Terbesar di Dunia"

Posting Komentar