Awas, Salah Membersihkan Telinga Merusak Sistem Pendengaran


Demi mendapatkan kesehatan yang maksimal, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan, termasuk menjaga kebersihan telinga. Berbicara mengenai membersihkan telinga, kira-kira apakah selama ini kita sudah membersihkan telinga dengan benar dan baik? Jangan-jangan cara kita membersihkan telinga yang selalu dilakukan justru berbahaya bagi kesehatan dan sistem pendengaran. 



Dikutip dari laman dailymail.co.uk, sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa membersihkan telinga secara manual bisa merusak sistem pendengaran. Sejumlah peneliti di American Academy of Otalaryngology menemukan jika memasukkan benda asing ke dalam telinga seperti cotton buds justru bisa merusak sistem pendengaran. Benda tersebut juga bisa meningkatkan produksi serumen. 

Lebih parah lagi, membersihkan telinga dengan memasukkan benda asing bisa meningkatkan risiko robeknya gendang telinga, membuat tulang lunak di telinga bergeser hingga menyebabkan infeksi berat. Kesalahan membersihkan telinga yakni memasukkan pembersih secara kasar dipercaya bisa menimbulkan rasa sakit, gatal, telinga seperti tertutup, bau tidak sedap, berdenging dan hilangnya pendengaran. 

Dr Seth Schwartz dari American Academy of Otolaryngology mengungkapkan, "Kita sering berpikir membersihkan telinga bisa mengeluarkan kotoran pada telinga. Yang sebenarnya adalah, ketika kita memasukkan benda asing seperti cotton buds, lilin telinga atau benda lain untuk membersihkan kotoran, justru akan mendorong kotoran tersebut masuk ke saluran telinga lebih dalam. Ini bisa lebih berbahaya dan berisiko." 

"Asal kita tahu, telinga bisa membersihkan kotorannya sendiri. Ada beberapa zat di telinga yang bisa mencegah masuknya kotoran ke dalam telinga. Zat tersebut berfungsi menyaring debu, asap atau kotoran lain agar tidak masuk ke telinga. Zat ini selanjutnya akan membentuk cairan yang lengket di telinga dan lama-lama mengering. Ini bisa hilang dengan sendirinya saat kita mandi." Tambah Dr Seth Schwarzt.

Well Ladies, agar kesehatan telinga tetap terjaga dengan baik, pastikan untuk membersihkannya dengan cara yang benar. Jangan memaksa membersihkan kotoran di telinga dengan memasukkan benda asing ke dalam telinga. Cukup membersihkannya saat mandi dengan membasuhnya, ini justru lebih baik dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat.


Vemale.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas, Salah Membersihkan Telinga Merusak Sistem Pendengaran"

Posting Komentar