Sebelum Terlambat, Lima Masalah Bangsa Ini Harus Dituntaskan

JAKARTA - Setidaknya terdapat lima permasalahan bangsa yang harus segera dianalisa, dicarikan solusi, dan diselesaikan oleh segenap komponen bangsa Indonesia.

Demikian yang tertuang dalam rekomendasi hasil Musyawarah Kebangsaan Pusat Studi Ketahanan Nasional dengan tema Mencapai Mufakat Penyelamatan NKRI, di Universitas Nasional (Unas), Jakarta, Selasa (27/12/2016).



Kepala Pusat Studi Ketahanan Nasional, Iskandarsyah Siregar menjelaskan, ada lima permasalahan bangsa saat ini, pertama potensi perkembangan dan kebangkitan komunis, kedua invasi senyap kekuatan asing dalam bentuk sumber daya manusia.

"Ketiga potensi konflik antaretnis dan umat beragama, keempat lemahnya kedaulatan masyarakat Indonesia, dan kelima bergesernya pemahaman ideologi Pancasila," kata Iskandarsyah.

Iskandarsyah merekomendasikan agar TNI harus bekerja sama dengan kaum agamawan, ilmuwan, raja, sultan, pemangku adat, dan profesional dalam mengatasi persoalan tersebut. 

"Indonesia hari ini sudah dalam keadaan kritis dan mulai saat inilah segenap komponen bangsa harus secara bersama-sama bertekad untuk kembali kepada ideologi Pancasila dan ikhlas melepaskan segala kepentingan pribadi dan kelompok demi menyelamatkan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia," ungkap Iskandarsyah.

Sementara Laksamana (Purn) Slamet Subijanto dan Kolonel Inf Niko Fahrizal yang datang mewakila Pangkostrad sepakat, bahwa kekuatan asing masuk mengacak-acak Indonesia melalui berbagai cara.

Mulai melakukan perusakan nilai-nilai kehidupan, hingga perang candu disebabkan oleh begitu cantik dan potensialnya Indonesia sebagai sebuah negara. Kedua narasumber ini juga menekankan bahwa tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan bangsa ini kecuali dengan kembali kepada tata kehidupan yang berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara. 


Sumber : Sindonews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebelum Terlambat, Lima Masalah Bangsa Ini Harus Dituntaskan"

Posting Komentar