Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Pesan Ariel Tatum

Info Selebritis – Aktris terkenal Indonesia Ariel Tatum memberikan sebuah pesan khusus di Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada 10 Oktober 2020. Lewat Instagram, ia membagikan ceritanya sebagai penyintas gangguan mental.

Melalui video berdurasi 12 menit 35 detik itu, ia mengaku tak mudah untuk berbicara terbuka kepada publik gangguan mental yang dia alami. Oleh karena itu ia berusaha menyemangati orang-orang yang mengalami hal serupa dengannya.

“Cukup ketahui tujuan hidupmu. Jalan ke arah itu. Kalau ternyata buntu, berarti Tuhan punya rencana lain. Kalo gagal, pasti ada hikmah yang bisa diambil. Karena pada akhirnya, segala sesuatu pasti ada akhirnya,” katanya dalam video yang diunggah pada 10 Oktober silam itu.

Ia mengaku, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental sering kali terjebak dalam kekhawatiran yang berlebih. “Padahal, hal itu belum tentu terjadi. Karena kalau memang sudah takdirnya, apapun pasti akan terjadi. Jadi, lepaskan. Maka semua akan baik-baik saja,”

Pada 19 Oktober 2019, untuk pertama kalinya aktris seksi itu memberanikan diri untuk mengisakan pengalamanya saat mengalami depresi dalam sebuah seminar berjudul ‘End The Shame‘. Dia mengungkapkan kejadian itu terjadi pada saat usianya masih sangat muda, 13 tahun.

Karena terlalu malu untuk bercerita kepada kedua orangtuanya, Ariel akhirnya mendatangi psikolog. Tak hanya satu, kala itu dia sampai mendatangi lima psikolog sekaligus karena hasil diagnosa yang berbeda-beda.

Dia kemudian berhenti menemui psikolog dan mulai melukai diri sendiri bahkan sampai melakukan percobaan bunuh diri. “Itu tak hanya terjadi sekali, tapi berkali-kali,” katanya menambahkan.

Kini, Ariel Tatum mengaku masih harus berjuang untuk bisa sembuh dari Borderline Personality Disorder (BPD) alias gangguan kepribadian ambang. Gangguan mental ini biasanya ditandai dengan suasana hati, perilaku, dan hubungan yang tidak stabil.